Alat Musik Kulintang

Alat Musik Kulintang Kebanggaan Minahasa

Alat musik kulintang merupakan alat musik yang berasal dari kota Minahasa Sulawesi Utara. Alat musik ini dulunya berupa potongan kayu lunak yang diletakkan secara berjejer dan diletakkan di atas kedua kaki si pemain, pemain memainkan alat musik ini dengan posisi duduk di tanah dengan kedua kaki terbujur lurus ke depan. Namun, seiring berjalannya waktu, untuk memudahkan si pemain dalam memainkannya maka kaki dari sang pemain diganti dengan menggunakan batang pisang berjumlah dua atau diganti dengan menggunakan tali. Alat musik ini merupakan alat musik tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh warga Minahasa. Kulintang adalah alat musik khas yang selalu menjadi kebanggaan bagi mereka warga Minahasa. Ingin tahu bagaimana cara memainkan alat musik yang satu ini?

Alat Musik Kulintang

Alat musik kulintang merupakan alat musik sederhana yang cara memainkannya dapat dibilang cukup rumit. Cara memainkan kulintang adalah dengan menggunakan stick yang fungsinya sebagai pemukul kulintang. Untuk cara memegang alat musik ini tergantung dari kenyamanan si pemain, tidak ada aturan khusus untuk cara memegangnya. Namun, kebanyakan pemain kulintang memegangnya dengan tangan kiri. Bagi Anda sebagai pemula, dapat menggunakan lagu-lagu yang ringan untuk berlatih seperti Halo-halo Bandung, Sarinande, dan Lapajapa. Sebagai pemula, Anda pasti akan mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ini. Namun, dengan latihan yang rutin akan menjadi terbiasa dan mulai penasaran dengan lagu-lagu lainnya yang mempunyai tingkat kesulitan lebih tinggi.

 

Pemakaian alat musik kulintang ini berhubungan dengan kepercayaan warga Minahasa. Biasanya digunakan dalam upacara ritual yang berhubungan dengan arwah-arwah para leluhur oleh masyarakat setempat. Permainan menggunakan alat musik ini dulunya pernah dilarang saat kita masih dalam masa penjajahan Belanda. Saat ini kulintang telah menjadi salah satu alat musik yang digemari oleh banyak daerah termasuk suku jawa. Bahkan alat musik ini semakin berkembang hingga ke Negara-negara besar seperti Australia, Belanda, Singapura, Jerman, Amerika Serikat, dan Inggris. Kulintang juga pernah tampil hingga ke Swiss, Denmark, Swedia, dan Norwegia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *